Senin, 13 Maret 2017

Cara Mencuci Daging Kambing Agar Tidak Bau

Cara Mencuci Daging Kambing - Pada saat Idhul Adha oalahan yang paling digemari orang Indonesia adalah Gulai Kambing dan Sate kambing. Kedua makanan tersebut seperti sudah menjadi tradisi masakan ketika idhul adha menjelang, karena Daging Kambing lebih banyak dibagikan dari pada sapi. Untuk mengolah daging kambing gampang-gampang susah, karena jika salah pada saat pengolahan, bukan masakan sedap yang didapat, malah dagingnya alot. Hal pertama yang harus di perhatikan adalah baunya.


Daging kambing memang memiliki bau yang sangat amis, sampai susah untuk di hilangkan. Jika bau tersebut tidak di hilangkan maka masakan yang sudah matang nantinya berbau amis yang sangat kuat sehingga bisa membuat nafsu makan hilang. Oleh karena itu anda harus paham benar tentang cara menghilangkan bau daging kambing yang akan anda kelolah, supaya bau tersebut hilang saat akan di konsumsi.

1. Buang Lemaknya
Kemungkinan besar aroma amis yang dihasilkan dagung kambing berasal dari lapisan lemaknya yang menempel pada daging. Langkah pertama buang lemak yang masih menempel pada daging dengan cara mengirisnya. Supaya lebih mudah, letakan dulu daging didalam lemari es hingga dingin. Nah.. bila lapisan lemak sudah membeku, Sekarang anda bisa mengirisnya dengan mudah.

2. Jangan dicuci
kebanyakan orang yang ingin mengolah daging kambing adalah dibersihkan terlebih dahulu sebelum dimasak dengan cara mencucinya. Namun bila anda masih melakukan ini cara terhadap daging kambing, justru malah membuat tekstur daging menjadi alot dan baunya menjadi semakin menyengat.

Sebaiknya jangan dicuci dulu, anda bisa langsung merebus daging kambing tanpa harus dicuci dulu. Jika sudah direbus dan matang buang air rebusan, dan kambing bisa diolah seperti biasa.

Baca juga Cara membersihkan kepiting

3. Taburi Garam pada daging
Namun bagaimana kalau daging kambing sudah terlanjur dicuci?. tenang, ada solusinya. taburkan saja garam untuk menetralisir darah kambing yang bisa membuat aroma daging kambing mengeluarkan bau tak sedap.

Lumuri garam pada seluruh permukaan daging, setelah itu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Lalu cuci lagi daging kambing sebelum di anda masak. Ingat cara ini hanya untuk daging yang sudah terlanjur dicuci lho.

4. Rebus dengan menggunakan rempah-rempah
Masih sama seperti cara diatas, jika anda lebih senang mencuci daging terlebih dulu, Saran saya sebelum merebusnya, anda bisa mencucu daging kambing dengan menggunakan rempah-rempah yang memiliki bau harum yang sangat kuat seperti daun jeruk, jahe, serai, atau kemangi.

5. Baluri dengan menggunakan parutan nanas
Buah nanas memiliki kandungan asam yang cukup kuat sehingga bisa digunakan untuk melunakkan daging kambing yang keras dan alot. Selain itu parutan nanas juga bisa membantu menghilangkan aroma amis pada daging kambing maupun sapi.

Caranya mudah, anda tinggal melumuri daging kambing yang mentah dengan menggunakanparutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa. Jangan didamkan terlalu lama karena daging kambing bisa hancur atau terlalu lembek terkena zat asam pada nanas.

6. Bungkus dengan daun pepaya
Mungkin anda belum pernah mendengar cara ini, daun pepaya juga bisa membantu menghilangkan bau tak sedap pada daging. caranya bungkus daging kambing yang masih mentah dengan menggunakan daun pepaya.

Kandungan enzim pada daun pepaya akan membuat daging kambing menjadi empuk dan aromanya bisa hilang. selain dengan daun pepaya, Anda juga bisa menggunakan daun jambu ataupun daun jati untuk membungkus daging kambing.

7. Lumuri dengan jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit, namun ternyata juga bisa digunakan untuk mengolah daging kambing. Selain bisa melunakkan dan mengurangi bau amis pada daging, air perasan jeruk nipis juga mampu membunuh bakteri yang menempel pada daging. Lumuri daging kambing yang masih mentah menggunakan air perasan jeruk nipis. Setelah itu diamkan selama setengah jam, lalu masak daging seperti biasa sesuai selera anda.

Demikianlah artikel mengenai cara mencuci daging kambing, Jangan lupa untuk selalu membersihkan makanan apapun sebelum melakukan pengolahan demi kesehatan keluarga anda dimasa mendatang. semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Baca juga cara membersihkan usus ayam

0 komentar

Poskan Komentar