Selasa, 14 Maret 2017

Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing dan Sapi

Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging - Hal yang paling diperhatikan saat hendak memakan daging sapi atau kambing adalah baunya. Terkadang bau prengus yang menyengat membuat seseorang enggan untuk memakan daging yang mengeluarkan bau amis. Biasanya daging yang dapat dari hari raya idhul adha cenderung lebih bau karena daging tersebut masih fresh dan tidak dicuci terlebih dahulu.

Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing dan Sapi

Dibandingkan daging sapi, daging kambing memiliki bau yang sangat tidak enak karena daging kambing memiliki kandungan lemak yang tinggi. Nah bau prengus yang dihasilkan daging berasal dari lemaknya. Untung mengolah kedua daging ini bisa dibilang susah susah gampang, karena yang harus diperhatikan adalah proses pencucian dan menghilangkan baunya. Jika anda masih bingung tentang menghilangkan bau prengus daging sapi dan kambing silahkan simak artikel dibawah ini :

1. Cuci dengan air mengalir
Sebelum memasak atau mengolah daging langkah pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan pencucian. Untuk menghilangkan baunya, anda bisa gunakan air yang mengalir untuk membuang sisa kotoran dan bau pada daging. Air mengalir sangat efektif untuk membersihkan daging di bandingkan dengan air tidak mengalir atau hanya di bilas. Kekurangan mencuci dengan air adalah tekstur daging yang dimasak nantinya agak sedikit alot.

2. Rebus dengan menggunakan rempah-rempah
Jika anda ingin menghasilkan daging bertekstur empuk ketika dimasak nanti, sebaiknya tidak usah dicuci. Langsung saja rebus daging dengan menggunakan rempah-rempah yang mengeluarkan bau harum seperti jahe, daun jeruk, serai atau kemangi.

3. Lumuri daging dengan menggunakan parutan nanas
Buah nanas memiliki kandungan asam yang sangat kuat didalamnya, sehingga bisa melunakan daging bertekstur keras. Cara penggunaannya cukup mudah, parut nanas hingga lembut, baluri daging dengan menggunakan parutan nanas tersebut, diamkan selama 10 menit saja, jangan biarkan terlalu lama, karena bisa membuat daging menjadi terlalu lembek dan mudah hancur ketika dikunyah.

4. Buang Lemak
Faktor utama penyebab daging kambing menjadi bau amis adalah lemaknya. Oleh karena itu anda harus membuang lemaknya terlebih dahulu sebelum dicuci atau direbus, supaya bau dari lemaknya tidak menempel didaging. Untuk mempermudah proses  pembuangan lemak, letakan daging di lemari es hingga beku, setelah itu iris lemaknya. Dalam kondisi daging beku, lemak akan mudah di singkirkan

5. Baluri dengan jeruk nipis
Dalam dunia kedokteran, jeruk nipis mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan kulit. Namun jeruk nipis juga bermanfaat untuk menghilangkan bau amis pada daging. Caranya peras jeruk nipis, gunakan air perasan tersebut untuk melumuri daging sapi atau kambing. Selain bisa menghilangkan baunya, jeruk nipis juga mampu membunuh bakteri yang menempel pada daging.

Demikian artikel ringan berjudul Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing dan Sapi. Bagaimana sangat mudah bukan?. Ingat, poin penting pada saat ingin memasak daging adalah kebersihan mencuci sebelum dimasak, jadi kesalahan paling fatal saat mengolah daging kambing adalah baunya yang masih tertinggal. Semoga dengan tips diatas anda bisa dengan mudah memasak oalahan daging sapi atau kambing yang tidak bau.

Baca juga cara mencuci daging kambing

0 komentar

Poskan Komentar